16 Maret 2009

TANAMAN OBAT TRADISIONAL 3

3. HARENDONG BULU

Bagian yang dapat digunakan :
Daun.

Manfaat:
Pencuci luka bernanah yang menahun.

Caranya :
Ambil beberapa lembar daun, kemudian diremas-remas dan disap-usapkan sambil mandi atau dicuci pada luka. Ulangi beberapa kali dalam seminggu.
Daun ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan lendir ikan saat membersihkan atau penghilang rasa pahit pada daun pepaya atau pepaya muda sebelum dimakan.




4. PAKU RANE (Selaginella plana)

Bagian yang dapat digunakan :
Daun.

Manfaat :
1. Penguat lambung (maag)
2. Penghenti pendarahan (muntah darah)
3. Pembersih darah pada persalinan.
4. Penghalus muka untuk wanita berjerawat.

Caranya :
Untuk penguat lambung, penghenti pendarahan (muntah darah) dan pembersih pendarahan pada persalinan, ambil beberapa lembar daun (satu kepalan), kemudian ditumbuk dan disaring. Cairannya dicampur dengan air matang 1 gelas, kemudian diminum. Lakukan selama diperlukan, ulangi sehari 1-2 kali.
Untuk luka luar, daun diremas-remas kemudian ditempelkan pada luka.
Pembersih dan penghalus muka atau jerawatan, ambil segenggam daun, kemudian ditumbuk halus dan digunakan sebagai “masker” pada muka. Ulangi 2-3 kali seminggu, dilakukan 1 jam sebelum mandi atau sambil mandi.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

mas Edy,

keren euy blognya.. informatif banget..!

salam,
Rona - Fabiona'96

AKU DAN SISWOYO

AKU DAN SISWOYO
Aku dan Sis tahun 1983, waktu pertama kali melakukan penelitian orangutan, Dia meninggal saat melahirkan anak, terlulu sering melahirkan. Biasanya orangutan, jarak kelahiran anak yang satu dengan yang lain 5-7 tahun. Tapi Sis kurang dari 4 tahun. Maklum setiap harii di Camp, badan subur dan jantanpun sering menaksirnya. Saat melahirkan ari-arinya ketinggalan, terinfeksi setelah ditemukan sudah koma. Siswoyo punya anak 3, Siswi, Simon dan Sugarjito.